Skip to main content

7 Tips Membuat CV yang BAGUS (Mendapat Nilai PLUS di mata HRD)


Hallo semuanya :) 

Sebelumnya mohon maaf nih, udah jarang aktif ngeblog hehehe 
Ternyata udah 2 tahun kebelakang aku vakum buat ngeblog. Bukan tanpa alasan sih, ya karena tugas kuliah semakin menggila aja hahahaha ga deng alay

Oh ya gaess, aku mau sedikit berbagi nih mengenai cara membuat CV yang baik dan benar.
Karna dari postingan aku sebelumnya yang aku liat sih antusiasnya banyak sekali yang minta softfile CV aku hehehe, semoga dapat bermanfaat dan memudahkan pekerjaan kalian dah :) hehe


Sedikit cerita dulu ya, jadi buat kalian ketika ingin mendaftar pekerjaan, melamar suatu job vacancy, bahkan mengikuti open recruitment suatu organisasi pasti ada syarat untuk melampirkan riwayat hidup, bahasa kerennya sih Curriculum Vitae (CV). Pada dasarnya CV itu berisi mengenai riwayat hidup kita dari deskripsi diri sendiri, pengalaman, prestasi dan sebagainya. Itu semua dituangkan pada kertas yang dapat mewakilkan branding kita ataupun price of us.

Dalam pembuatan CV pun kita tidak boleh sembarangan dan asal nulis saja. Karena CV itu dapat diibaratkan siapa diri kita dapat diketahui melalui CV. So, dalam pembuatan CV perlu diperhatikan kaidah penulisan yang baik serta isi yang ringkas dan berbobot dengan didukung design yang menarik. Hal ini diupayakan supaya pihak kedua yang melihat CV kita dapat dengan mudah dan nyaman memahaminya. Sehingga baik itu HRD, pewawancara yang membaca CV kita dapat memberikan penilaian terbaik bagi kita.

Oke Gaes, disini aku bakal memberikan
7 tips menulis CV yang bagus dan menarik, berikut tipsnya:

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan
Jadi maksudnya bahan disini yaitu, silakan kalian siapkan data diri yang ada. Seperti:
- Biodata Diri
- Kontak
- Riwayat Pendidikan
- Pengalaman Kepanitiaan dan Organisasi
- Prestasi
- Skill, dsb.

2. Usahakan membuat CV di aplikasi Photoshop, Corel Draw, ataupun Adobe Ilustrator
Karena dalam pembuatan CV yang menarik, pastinya butuh tools yang support juga. Dari template, layout, pemilihan text, pengambilan warna. Maka dari itu gunakanlah aplikasi software design seperti diatas.

3. Gunakan Bahasa Inggris
Isi CV yang menggunakan bahasa asing pasti akan bernilai lebih dan dipandang bahwa kita memiliki poin plus dalam keberagaman berbahasa. HRD pastinya akan lebih mengapresiasinya.

4. Gunakan kata-kata yang singkat, padat, dan BERBOBOT
Mengapa demikian? karena CV yang cenderung berbentuk paragraf akan terlihat mainstream dan membosankan, meskipun banyak pengalaman dan prestasi yang pernah diraih. lebih baik kita jabarkan dalam bentuk poin per poin, agar lebih enak dibaca dan terkesan elegan.

5. Gunakan diksi yang baik, jangan menceritakan kekurangan kita
Hal ini sangat perlu. Pemilihan kata dalam CV juga harus dipertimbangkan, jangan menggunakan konotasi kata yang "negatif" serta jaga kekurangan kita. lebih baik kita tidak utarakan kekurangan kita, kan gak salah juga hehe

6. Design template dan atur layout penulisan semenarik dan ideal mungkin.

HRD pastinya akan merasa nyaman dan enak ketika membaca CV yang memiliki layout rapi dan tidak terkesan lebay. Jangan terlalu mengambil banyak warna di template CV. Usahakan 2-3 unsur warna saja cukup, dengan gradasi warna yang baik.

7Usahakan CV terdiri 1 lembar saja
Sebanyak apapun pengalaman dan prestasi kita, usahakan semuanya termuat dalam satu lembar saja. Mengapa demikian? karena pada dasarnya CV itu untuk memperkenalkan diri kita secara point of view nya saja. Kalau terlalu banyak, jadinya tulisan yang membosankan dong, bahkan malah cenderung bisa dikatan autobiografi atau sejarah hidup hahaha
  
Tips tersebut aku dapat dari beberapa sumber beserta pengalaman dariku. Dari beberapa referensi yang aku dapat, aku rangkum menjadi 7 tips diatas dan rasanya sangat efektif untuk dapat diterapkan. Buat sharing aja, aku sudah beberapa kali mengirim CV, dari mendaftar kuliah di Undip Kerjasama PT PLN, beberapa organisasi yang aku ikuti, hingga Oprec kepanitiaan, dan alhamdulillah ketika wawancara mendapat simpati dan perhatian yang baik dari pewawancaranya hehehe

Untuk referensi CV, kalian bisa lihat disini ya hehe Contoh CV

Semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.


















Comments

Popular posts from this blog

EKOSISTEM DANAU DAN SEKITAR DANAU

Pada gambar diatas memiliki komponen ekosistem biotik dan abiotik. Yang termasuk komponen biotik adalah (pada binatang) ; burung elang, rusa, rakun, katak, kodok, ikan, kura-kura, capung, kumbang. (pada tumbuhan) ; alang-alang, rumput, dedaunan, eceng gondok, pohon. Dan yang termasuk komponen abiotik adalah tanah, air, udara, dan cahaya.

Contoh Laporan Hasil Observasi

Subjek/Hal      : Pembuatan gerabah Tempat            : Gang Gerabahan, Weleri Waktu             : Rabu, 10 September 2014 Uraian Hasil Observasi PEMBUATAN GERABAH DI WELERI             Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar dan dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia. Gerabah telah ada sejak masa prasejarah tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam.             Di Weleri terdapat sebuah gang yang hampir semua warganya bermata pencaharian sebagai pembuat gerabah. Gang tersebut bernama Gang Gerabahan. Rata-rata tingkat ekonomi di Gang Gerabahan tergolong menengah ke bawah karena tidak ada mata pencaharian lain selain membuat gerabah sehingga daya saing penjualannya tinggi.

Berlatih fisik dan mental dengan bersilat

latihan silat BS Melati              Silat merupakan bela diri asli Indonesia. Bela diri pencak silat beda dengan bela diri yang lain, seperti Taekwondo, karate, Wushu, dll.   Karena dalam berlatih silat kita biasanya tidak hanya diajarkan latihan fisik saja. Namun juga diajarkan berbagai ilmu, pengetahuan, amalan dan perilaku yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Jadi selain kita dapat menguasai berbagai jurus yang sudah kita dapatkan melalui latihan fisik, kita juga mendapatkan materi berupa ajaran moral, sikap, karakter yang baik dalam latihan silat untuk kehidupan sehari-hari.