Skip to main content

Laporan Pengamatan Lingkungan : Potret Ketidakseimbangan di Lingkungan Masyarakat

Potret Ketidakseimbangan di Lingkungan Masyarakat


Gambar tersebut diambil dari aliran Sungai Damar Gang Irigasi.
Tanggal / Waktu : Rabu, 20 mei 2014 / + 16.00 WB

Menurut saya, berdasarkan gambar diatas itu sangat tidak layak bagi keseimbangan lingkungan hidup air (sungai). Di gambar tersebut banyak terdapat sampah-sampah yang berserakan di aliran sungai. Bahkan di tepi sungai tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga disekitar sungai tersebut.
Sampah-sampah tersebut disebabkan oleh sampah rumah tangga ataupun dari sisa limbah pabrik tahu yang berada di sekitar aliran sungai tersebut. Selain itu, di tepi Sungai Damar tersebut ada sebuah MCK yang sebenarnya tidak cocok bagi kelangsungan lingkungan tersebut. Limbah-limbah yang berada disekitar aliran sungai tersebut dapat berakibat banjir, pencemaran pada air sungai, air menjadi keruh, ataupun bau yang tak sedap.

sungai yang tercemar



Adapun cara mengatasi dari pencemaran air sungai tersebut dengan cara :

1.       Membuat sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya membuang sampah sembarangan.
2.       Menerapkan hukuman / sanksi kepada warga yang membuang sampah di sungai.
3.       Membuat poster (slogan himbauan) disekitar aliran sungai tersebut yang isinya mengajak warga untuk dapat bersahabat dengan lingkungan.
4.       Memberitahukan kepada pemilik pabrik tahu yang berada di daerah sekitar sungai tersebut mengenai bahaya membuang limbah tahu tersebut ke sungai.
5.       Mengajak warga agar mulai membuang hajat tidak disungai lagi, yang berakibat tercemarnya air sungai tersebut.


Potret ketidakseimbangan di lingkungan masyarakat


Comments

Popular posts from this blog

EKOSISTEM DANAU DAN SEKITAR DANAU

Pada gambar diatas memiliki komponen ekosistem biotik dan abiotik. Yang termasuk komponen biotik adalah (pada binatang) ; burung elang, rusa, rakun, katak, kodok, ikan, kura-kura, capung, kumbang. (pada tumbuhan) ; alang-alang, rumput, dedaunan, eceng gondok, pohon. Dan yang termasuk komponen abiotik adalah tanah, air, udara, dan cahaya.

Contoh Laporan Hasil Observasi

Subjek/Hal      : Pembuatan gerabah Tempat            : Gang Gerabahan, Weleri Waktu             : Rabu, 10 September 2014 Uraian Hasil Observasi PEMBUATAN GERABAH DI WELERI             Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar dan dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia. Gerabah telah ada sejak masa prasejarah tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam.             Di Weleri terdapat sebuah gang yang hampir semua warganya bermata pencaharian sebagai pembuat gerabah. Gang tersebut bernama Gang Gerabahan. Rata-rata tingkat ekonomi di Gang Gerabahan tergolong menengah ke bawah karena tidak ada mata pencaharian lain selain membuat gerabah sehingga daya saing penjualannya tinggi.

Berlatih fisik dan mental dengan bersilat

latihan silat BS Melati              Silat merupakan bela diri asli Indonesia. Bela diri pencak silat beda dengan bela diri yang lain, seperti Taekwondo, karate, Wushu, dll.   Karena dalam berlatih silat kita biasanya tidak hanya diajarkan latihan fisik saja. Namun juga diajarkan berbagai ilmu, pengetahuan, amalan dan perilaku yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Jadi selain kita dapat menguasai berbagai jurus yang sudah kita dapatkan melalui latihan fisik, kita juga mendapatkan materi berupa ajaran moral, sikap, karakter yang baik dalam latihan silat untuk kehidupan sehari-hari.